Article Detail

3 Vitamin Terbaik untuk Menjaga Kecantikan Wanita

Setiap perempuan pasti ingin memiliki kulit yang cantik dan sehat. Untuk mendapatkannya, kita membutuhkan lebih dari sekadar perawatan kulit dari luar karena kulit yang sehat berasal dari dalam diri. Setuju nggak? Itu artinya, setiap makanan yang kita makan akan tercermin pada kondisi kulit saat ini. Kulit akan tampak lembut dan bercahaya jika kita membiasakan diri makan makanan sehat yang kaya vitamin dan mineral. 

 

Lalu, apa saja sih vitamin yang dibutuhkan tubuh setiap hari agar tampil cantik dan terawat?

 

Berikut adalah tiga jenis vitamin untuk kulit, rambut, dan kuku yang harus kamu penuhi setiap hari!

 

1. Vitamin E

 

 

Vitamin ini bisa dibilang sudah identik sebagai vitamin andalan bagi kulit. Fungsinya bagi kulit ternyata banyak banget, lho! Berikut di antaranya:

  • Menghaluskan kulit yang kasar dan kering

  • Menjaga kulit agar tetap kenyal dan lembut

  • Mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV matahari

  • Menghilangkan bekas luka 

  • Mengatasi iritasi kulit

 

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kemenkes RI, rata-rata orang dewasa membutuhkan vitamin E sebesar 15 mg per hari. Kamu bisa mendapatkan vitamin E dari makanan seperti bayam, kacang-kacangan, biji bunga matahari, dan minyak zaitun. 

 

2. Choline-Inositol

 

The Colony Part 2 - The Role of Lecithin, Inositol & Choline from Living Foods

 

Selain vitamin E, ternyata ada kandungan lainnya yang dibutuhkan kulit untuk membantu pembentukan sel kulit baru dan melindungi sel kulit. Kandungan kolin dan inositol ini, menurut Nutritionist YOUVIT Rachel Olsen dapat mencegah proses penuaan kulit dan membantu pertumbuhan kolagen yang fungsinya membuat kulit lebih kenyal.

 

Kekurangan inositol bahkan bisa membuat penumpukan kulit mati yang susah terkelupas dan membuat kulit kasar. Menurut Rachel, penumpukan kulit mati yang susah terkelupas ini akan menjadikan kulit kasar dan rontoknya rambut di sisi depan kanan-kiri.

 

Kolin dan Inositol sebenarnya dapat diproduksi oleh tubuh tapi sebaiknya dibantu juga dengan konsumsi vitamin yang mengandung kandungan tersebut dan makanan segar. Makanan yang mengandung Kolin diantaranya kedelai, kuaci, kembang kol, bayam, dan tomat. Sementara Inositol bisa didapatkan dari sayuran hijau, oatmeal, stroberi, kiwi, dan pir.

 

3. Biotin (Vitamin B7)

 

Image result for biotin food

 

Biotin atau vitamin B7 juga ternyata berfungsi untuk kecantikan, lho! Berikut manfaat Biotin pada kuku dan rambut:

 

3.1 Memperkuat kuku

 

Meskipun belum memiliki bukti kuat dan masih memerlukan penelitian lebih lanjut, biotin berpotensi memperbaiki kondisi kuku yang rapuh, baik di bagian tangan atau kaki.

 

3.2 Mengatasi rambut rontok

Salah satu gejala yang ditemukan pada penderita kekurangan biotin adalah rambut rontok. 

 

Biotin tergolong sebagai vitamin larut air yang dapat diproduksi tubuh dan ditemukan dalam beberapa jenis makanan. Misalnya: roti dan sereal gandum, kacang-kacangan, salmon, ayam, telur, dan produk susu.

 

Nah, bagaimana jika kamu kekurangan asupan vitamin-vitamin kecantikan kulit, kuku, dan rambut ini? Kamu bisa menyeimbangkan kebutuhan vitamin harianmu dengan YOUVIT Beauti+, yang ternyata mengandung ketiganya! Vitamin yang tersedia dalam tiga varian rasa (Strawberry, Raspberry, Blackberry) ini melengkapi nutrisi untuk rambut, kulit, dan kuku yang sehat.